Pengertian Sastra dan Fungsi Sastra Dalam Kehidupan Manusia

Indonesia memang merupakan salah satu negara yang kaya. Tak hanya kaya akan hasil buminya akan tetapi Indonesia juga menjadi sebuah negara yang sangat kaya akan sastrawan – sastrawan hebat. Ada banyak sekali sastrawan hebat dengan berbagai macam karya hebatnya yang terlahir di Indonesia. Misalkan saja Chairil Anwar.

Sastrawan yang satu ini juga memiliki banyak sekali karya dan prestasi yang benar – benar menggugah perasaan setiap penikmat hasil karyanya. Berbicara tentang sastrawan, memang tentu kita tidak dapat lepas dari arti kata sastra itu sendiri. Apa sih sebenarnya sastra itu? Lalu apa sebenarnya kegunaan sastra yang sampai saat ini menjadi sesuatu yang sangat diagung – agungkan bagi para penggemarnya? Disini kita akan bahas dan kupas lebih jauh tentang semua itu. Anda bisa simak pembahasan tentang pengertian sastra dan fungsi sastra dalam kehidupan manusia dalam uraian lengkap di bawah ini.

Pengertian Sastra Dan Fungsi Sastra Dalam Kehidupan Manusia

Menurut KBBI Sastra berarti sebuah karya tulis yang jika dibandingkan dengan tulisan lain, maka karya tulis ini memiliki ciri – ciri keunggulan seperti keaslian, keartistikan, keindahan juga didalam isi dan ungkapan yang dilontarkan.

Sementara menurut para ahli, beberapa pengertian sastra diantaranya :

Pengertian sastra menurut Semi

Menurut Semi, sastra berarti sebuah bentuk yang berupa hasil dari berbagai kegiatan seni kreatif yang dikerjakan. Yang menjadi objek tujuannya adalah manusia dan seluruh kehidupan yang turut mengandalkan bahasa sebagai medianya.

Pengertian sastra menurut Panuti Sujiman

Menurut Panuti Sujiman, Sastra merupakan sebuah karya lisan atau karya tulisan yang memiliki beberapa ciri. Diantara ciri sastra yaitu keindahan, nilai artistik, orisinil dalam setiap bagian isi dan ungkapan yang terdapat didalamnya.

Pengertian sastra menurut Ahmad Badrun

Menurut Ahmad Badrun, sastra merupakan seluruh kegiatan seni yang mengandalkan berbagai macam bahasa dan garis simbol sebagai medium, serta juga memiliki sifat yang sangat imajinatif.

Pengertian sastra menurut Plato

Menurut Plato, sastra ini merupakan sebuah hasil dari tiruan dan juga penggambaran dari hal – hal nyata. Setiap karya sastra sendiri harus berupa teladan dari alam semesta dan juga harus bagian dari alam yang nyata ini. Hal ini juga membuat sebuah nilai sastra semakin bernilai rendah dan menjauh dari berbagai nilai ide – idenya.

Pengertian sastra menurut Aristoteles

Menurut Aristoteles sendiri bahwa sastra dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan dengan melandasi agama, filsafat dan ilmu pengetahuan.

Pengertian sastra menurut Robert Scholes

Menurut Robert Scholes, sastra harus merupakan sebuah kata. Sastra bukan dan tidak mungkin sebuah benda. Sebuah kata yang dirangkai membentuk sastra.

Dalam kehidupan manusia, sastra tentu memiliki banyak fungsi. Beberapa fungsi sastra dalam kehidupan manusia diantaranya :

Fungsi rekreatif

Fungsi dari sastra yang pertama adalah rekreatif. Yaitu sastra harus dapat memberikan sebuah hiburan. Sastra juga menjadi sebuah media yang bisa menghibur kepada para pembacanya.

Fungsi didaktif

Sastra dalam hal ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca tentang seluk beluk yang terdapat didalam kehidupan manusia.

Fungsi moralitas

Sastra dalam hal ini berfungsi sebagai media yang bisa memberitahukan atau menggambarkan berbagai hal yang bisa mencerminkan moral yang baik dan buruk.

Fungsi religius

Sastra berfungsi sebagai sebuah karya yang mengandung berbagai ajaran agama yang juga dapat dicontoh atau diteladani oleh setiap para pembacanya.

Fungsi estetis

Fungsi yang terakhir ini dimana sastra harus mampu menunjukkan atau menghadirkan keindahan melalui dunia seni untuk para pembacanya.

Demikian sedikit informasi lengkapnya untuk Anda tentang pengertian sastra dan fungsi sastra dalam kehidupan manusia. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Sumber: www.jalanbelajar.com